Sudah tahu belum, kalau kebutuhan akan Software Developer Engineer, atau  simpel nya kita sebut saja Programmer, meningkat drastis dari tahun ke tahun. Sangking banyaknya kesempatan berkarir di bidang ini, banyak perusahaan yang berusaha “membajak” programmer dari perusahaan lain untuk mereka tarik ke perusahaan mereka. Beberapa diantara menawarkan berbagai hal untuk membuat programmer mereka betah.
Tingkat kebutuhannya naik hingga 90% per tahun, boss!

 

Kesempatan Berkarir

Indonesia Masih Darurat Programmer

Indonesia meluluskan puluhan sampai ratusan ribu mahasiswa IT tiap tahunnya. Tapi, yang memilih menjadi programmer itu tidak banyak. Padahal kampus – kampus IT di Indonesia sebenarnya sangat mampu melahirkan programmer.

Sementara jumlah programmer di Indonesia masih sangat rendah apabila dibandingkan dengan peningkatan pengguna aplikasi dan internet. Indonesia juga masih berada di peringkat 41 dan kalah apabila dibandingkan dengan India, Vietnam, dan Singapura.

kesempatan berkarir sebagai programmer
Cheerleaders for Programmers in China

Terus kita harus apa nih?

Ngga perlu ribet buat tahu apa sih yang harusnya kita lakukan dalam keadaan transformasi teknologi ini. Saya kasih beberapa argumen dan informasi sederhana nih:

1. Jumlah Kebutuhan akan Programmer lebih dari Jumlah Programmer di Indonesia.
2. Jumlah Universitas yang menyediakan prodi Informatika dan mahasiwanya meningkat.
3. Jumlah startup teknologi meningkat.
4. Jumlah pengguna Internet meningkat.
5. Jumlah kebutuhan aplikasi digital dan penggunanya meningkat.
6. Jumlah programmer di Indonesia tidak sebanding dengan pertumbuhan jumlah startup.

QUESTION: Lantas, dari informasi di atas sebenarnya apa sih yang bisa kita simpulkan?

ANSWER: Kesempatan Berkarir sebagai Programmer di Indonesia = BANYAK!

Ini artinya, peluang kerja sebagai Software Developer Engineer atau Programmer di Indonesia sangat banyak.
Serius deh, buanyakkk, Bro! (tuh sampai 2 kali).

Kesempatan berkarir sebagai Software Developer Engineer alias Programmer itu ada dimana-mana. Yang kamu perlukan adalah bagaimana caranya agar kita bisa ikut join dan memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

 

Emang Gajinya gede?

Jangan salah, Programmer itu punya pendapatan yang cukup menggiurkan jika dan hanya jika mereka memiliki skill dan kompetensi yang benar-benar mampu memberikan kontribusi signifikan, baik untuk perusahaan dimana mereka bekerja maupun pada usaha yang kita bangun sendiri.

Rata-rata programmer pemula (apprentice level) itu bisa mulai dengan pendapatan antara 5-8 juta/bulan. Sedangkan untuk level menengah (ranger level) dengan pengalaman 2-3 tahun itu bisa memiliki pendapatan dengan kisaran 8-12jt/bulan. Sedangkan level senior (ninja level) dengan skill mumpuni dan pengalaman di atas 5 tahun bisa memiliki pendapatan lebih dari 15jt/bulan. Pendapatan seorang IT Director atau Chief Technology Officer (CTO) pada perusahaan startup ditaksir mencapai 40-50jt/bulan atau bahkan lebih.

 

Tapi, kata orang jadi Programmer itu Susah

Begitu juga dengan jadi dokter, pengacara, petenis, motivator dan pekerjaan lainnya.
Tidak ada yang tidak bisa kalau kita mau berusaha. Semua orang bisa jadi programmer. Tidak terbatas pada usia, gender, pendidikan, ataupun bidang yang kita tekuni sebelumnya. Diperlukan metode pembelajaran yang terpadu, keinginan, rasa ingin tahu, serta network untuk dapat mengembangkan karir di dunia IT. Semuanya pasti jadi mungkin apabila kamu eliminasi rasa malas dan mau bergerak maju.
 

Mendaftar untuk Nordic kursus