Pernah merasa sangat stress dan ingin berhenti melakukan sesuatu yang sedang dikerjakan? Pasti. Tapi tahukah kalian setidaknya kalian bisa mengurangi stres itu sendiri? Jadi tidak perlu khawatir, pada dasarnya stress bisa saja timbul karena kalian kurang tenang.

Khususnya seorang programmer, sebuah kata yang terdengar keren di abad ini bahkan telah memiliki slogan yang sering diucapkan “ I’m Programmer, I Have No Life”, memang menjadi seorang programmer atau developer itu pekerjaan yang keren bahkan mengelahakan Superman.

Namun ada banyak hal pemicu yang menjadikan seorang programmer stress, seperti terlalu lama didepan monitor layar komputer, banyaknya bug, deaddline, pc/laptope error, kadang juga permasalahan pribadi, seperti keluarga sampai percintaan dan lain-lain.

Yang dimaksud stress disini adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental dan ketegangan ini dapat mempengaruhi kinerja keseharian seseorang programmer. Bukan stress yang tingkat akut atau gangguan mental.

Lalu, bagaimana agar programmer tidak stress?

Jangan di depan komputer melulu, berhenti sejenak dan hubungi orang tersayang

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh para programmer adalah dia tidak bisa lepas dari komputer atau laptopnya. Ini merupakan kebiasaan buruk dimana programmer tidak tahu kapan dia harus rehat atau berhenti sejenak melihat pekerjaannya. Pergi dari komputer, hubungi orang tersayangmu, atau mungkin berbaring sejenak untuk menyegarkan pikiran bisa melepaskan diri dari stres. Siapa tahu dengan begitu solusi akan muncul.

Dengarkan Musik yang dapat menenangkan atau memunculkan inspirasi

Cara ini juga telah terbukti melalui survei bahwa ampuh dalam mengatasi stres untuk programmer. Mendengarkan musik yang anda sukai selama 30 menit dapat menghilangkan rasa stres yang anda punya (Menurut Penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan University of Maryland School of Medicine).

Buka situs Humor, bikin dirimu terhibur dan tertawalah lepas

Bukalah situs yang menyediakan konten yang dapat membuatmu tertawa. Ya, tertawa juga terbukti dapat mengatasi stres secara signifikan atau malah menghilangkan rasa stress tersebut. Banyak situs yang menyediakan konten lucu seperti situs 9gag.com atau 1CAK.com dan masih banyak lagi, di youtube juga banyak video lucu, bisa anda jelajahi disitu, dan cari yang bisa membuat anda tertawa lepas.

Intinya carilah sesuatu yang bisa membuat anda (programmer) tertawa. Karena menurut peneilitian, tertatawa dapat merangsang endorphine, serotonin dan metanonin untuk keluar. Dimana ketiga zat ini memberikan manfaat yang baik untuk otak sehingga tubuh menjadi lebih tenang. Cara ini juga terbukti ampuh untuk mengatasi stres pada programmer.

Hangout bareng teman, atau orang terkasih

Hilangkan stress dengan menyempatkan waktu di akhir pekan bersama teman-teman atau orang terkasih. Apa yang bisa dilakukan? Banyak. Nonton film, main game, jalan-jalan, atau mungkin bakar-bakar jagung di belakang rumah juga seru. Dalam satu minggu kamu punya waktu dua hari untuk bersenang-senang dan beristirahat, gunakanlah sebaik mungkin dan jangan terlalu memikirkan pekerjaan, ada jatahnya sendiri.

Rumah untuk istirahat, dan Quality time bersama keluarga

Tinggalkan laptop di kantor, jangan buka komputer rumah untuk mengerjakan pekerjaan, jadikan rumah benar-benar untuk istirahat. Membaca buku, main game, makan malam bersama keluarga, quality time dengan istri/suami (kalau udah punya), gunakan waktu luar kantor itu untuk diri sendiri. Jika punya projek di luar kantor, itu bisa menunggu.

Atur juga pola makan anda dan makan yang sehat nan bergizi, serta jangan lupa untuk rutin berolahraga supaya hidupmu ter-manage dan sehat.

Sebenarnya semua pekerjaan itu berat, setiap pekerja pasti pernah mengalami stress dan merasa tidak kuat untuk melanjutkan pekerjaannya. Tapi bila saat bekerja kita bisa menggunakan waktu dengan baik, efisien, dan efektif, pekerjaan yang terasa berat dapat diselesaikan dan kemungkinan untuk mendapatkan stress akan kecil. Ingat tidak ada yang lebih penting dari kesehatanmu, maka nikmati dan berbahagialah.

Jadi jangan merasa terbebani menjadi seorang programmer, semua kembali lagi pada diri sendiri bagaimana memanagenya. Cheers!