Sebagai bahasa pemograman yang lahir cukup lama, dan baru-baru ini sempat terdengar ketenarannya (khususnya di Indonesia). Banyak komunitas-komunitas dumay yang ramai membicarakan bahasa pemograman yang satu ini, sampai telah banyak sekali situs-situs atau blog pribadi yang menyampaikan informasi terkait Python.

Untuk kamu yang baru, dan penuh dengan pertimbangan dalam memilih bahasa pemograman mana yang akan menjadi nichemu nanti. Artikel ini akan mengajak kamu untuk tahu; Kenapa Kamu Harus Memilih Bahasa Pemograman Python.

Nordic School of Technology memiliki kursus yang mempelajari Machine Learning menggunakan Python yang dapat diakses di Machine Learning with Python

Kembali ke programmer. Mereka bisanya disebut programmer Python, dulunya ya seperti kamu. Tetapi, ketika mereka menjatuhkan pilihannya ke bahasa Python, sudah tahu kan seperti apa jadinya. Coba tengok, mereka bisa sampai bekerja di perusahaan besar seperti GooglePlex, YouTube, Facebook. Tentu dengan alasan-alasan berikut mereka memilih bahasa pemograman Python:

  • Python memiliki konsep desain yang bagus dan sederhana, yang berfokus pada kemudahan dalam penggunaan. Kode Python dirancang untuk mudah dibaca, dipelajari, digunakan ulang, dan dirawat. Selain itu, Python juga mendukung pemograman berorientasi objek dan pemograman fungsional.
  • Python dapat meningkatkan produktivias dan menghemat waktu bagi para programmer. Untuk memperoleh hasil program yang sama, kode Python juga jauh lebih sedikit dibandngkan dengan kode yang ditulis menggunakan bahasa-bahasa pemograman lain seperti C, C++,C# maupun Java. Coba lihat ilustrasi gambar dibawah ini:

Bagaimana menurut kamu ? Sudah pasti Pyhton lebih sederhana dibanding bahasa-bahasa pemograman lain.

  • Program yang ditulis menggunakan Python dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi (Unix, Windows, Mac OS X, dll), termasuk untuk perangkat-perangkat mobile.
  • Python memiliki banyak dukungan pustaka yang dikembangakan oleh pihak ketiga, misalnya pustaka untuk pengembangan web, pengembangan aplikasi visual (berbasis GUI), pengembangan permainan komputer (game), dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Melalui mekanisme tertenu, kode Python dapat diintegrasikan dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemograman lain. Sebagai contoh, kode Python dapat dipanggil dari kode C/C++, dan begitu juga perkembangan .NET Framework.
  • Terakhir, Python bersifat gratis atau bebas (free) dan open source, meskipun digunakan untuk kepentingan komersial.

Jadi sudahkah cukup jelas mengapa kalian harus mengenal lebih mengenai bahasa pemrograman Python? Kalian bisa memulai kelas Machine Learning with Python di batch selanjutnya, see more here.

Kursus Machine Learning di NST disajikan sangat mudah dipahami dengan kurikulum yang unik. Yuk kenalan dengan Python melalui kursus Machine Learning with Python di Nordic School of Technology.

 

Mendaftar untuk Nordic kursus