Data Science adalah satu subject paling SERU di dunia Informasi dan Teknologi saat ini menjadi primadona bagi perusahaan-perusahaan teknologi ternama di Indonesia. Data Science yang dulu dianggap tidak lazim, saat ini mampu bertumbuh karena mampu memberikan berbagai informasi dan kemudahan bagi perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis mereka dengan pendekatan teknologi.

Linkedin sendiri dalam risetnya mempublikasikan bahwa Data Science adalah subject paling Hot dan dibutuhkan dalam dunia industri saat ini dan di masa yang akan datang. Kehadiran Data Science ini dengan cepat direspon oleh banyak lembaga pendidikan, terutama universitas besar diberbagai belahan dunia. Saat ini sudah banyak universitas yang menawarkan program pascasarjana untuk mereka yang mau menekuni bidang ini. Karena peluang besar di dunia ini menanti siapapun yang mampu menguasainya.

Profesor Vasant Dhar dari New York University mengatakan bahwa Data Science adalah dasar dari pemahaman akan pengetahuan data serta ekstraksinya. Para pelaku riset dan analitik sudah menggunakan statistik dengan metode terkait akan ini, namun statistik data yang muncul dalam jumlah sangat besar harus bisa dipahami lebih mendalam dan ini memunculkan ilmu pengetahuan yang baru yaitu Data Science.

Analisis data digunakan untuk menjelaskan fenomena dengan mengekstrasi beberapa pola dan menarik data dari beberapa individu dengan pertanyaan-pertanyaan yang sudah dirumuskan. Data Science digunakan untuk menemukan dan mengekstraksi hasil dengan menindaklanjuti data yang bermunculan, kemudian membuat prediksi hingga sebuah keputusan, tidak sekedar menjelaskan apa yang sedang terjadi.

Bahan baku untuk Data Science yang berupa data ini sangat heterogen dan tidak terstruktur, dari mulai jenis teks, gambar hingga video. Data Science tidak hanya bisa digunakan untuk menganalisa data namun juga untuk melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang dengan harapan bisa memunculkan wawasan baru untuk masa depan.

Data Science ini menjadi sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk memprediksi banyak hal di masa depan yang terkait dengan produk maupun layanan yang mereka berikan. Data Science bisa menjadi alat untuk menemukan solusi dan value proposition seiring dengan perubahan jaman dan teknologi, sehingga ilmu ini sangatlah penting dipelajari bagi pengampu organisasi baik perusahaan maupun wiraswasta.


Jadi, kamu mau jadi Sang Pengolah Data atau jadi Mereka yang Diolah Datanya?
🙂

 

Mendaftar untuk Nordic kursus