Fintech (financial technology) pada dasarnya merupakan layanan finansial yang mencoba memberikan nilai lebih dalam penyampaian layanannya melalui pendekatan berbasis teknologi. Di Indonesia sendiri kini layanan finansial sudah mulai terjun di dunia digital. Salah satu yang paling populer adalah layanan pinjaman, atau kini dikemas dalam bentuk peer-to-peer lending.

Seperti salah satu mitra kerja Nordic School of Technology yang merupakan perusahaan yang menerapkan financial technology, yaitu Tunaiku. Di balik platform aplikasi Tunaiku terdapat algoritma kecerdasan buatan yang telah diterapkan saat ini, salah satunya Machine Learning.

Machine Learning di Nordic School of Technology mempelajari tentang membangun sistem Financial Technology

Industri finansial seperti payment, lending dan sebagainya merupakan bagian dari risk mitigation, sehingga dibutuhkan sentuhan teknologi untuk dapat mendeteksi dan memprediksi kemungkinan terjadinya risiko tadi secara lebih cepat dan akurat. Proses ini mutlak dibutuhkan oleh perusahaan seperti Tunaiku, karena turut membantu pemangku kepentingan membuat keputusan secara lebih cepat dan baik.

Perusahaan Fintech banyak yang kini menerapkan algoritma Machine Learning untuk layanan RoboLending, yakni untuk memudahkan pelanggan untuk menambah pilihan lender dalam berinvestasi melalui peer-to-peer lending. Hadirnya fitur RoboLending ini diharapkan mempermudah dan memaksimalkan return investasi sesuai jangka waktu yang dikehendaki. Tidak hanya itu, RoboLending pun memberikan potensi keuntungan yang sudah diestimasi lengkap dengan jangka waktunya sehingga lender dapat dengan mudah memilih untuk menginvestasikan dana hingga potensi keuntungan tersebut tercapai.

Mengklasifikasikan kualitas konsumen, memperkirakan pembayaran konsumen agar tepat waktu hingga mengerti dunia Fintech secara keseluruhan dapat dipelajari di kursus Machine Learning. Peneliti pemodelan scoring kredit menggunakan SVM dan Kernel untuk perusahaan Fintech. 

What We Will Build? Credit Scoring Robot for Best Fintech Company in Indonesia

Memulai mempelajari bahasa pemrograman Python, kemudian kembangkan diri kalian di kursus Machine Learning akan banyak mendapatkan manfaat. Tidakkah kalian menjadi salah satu penggerak suksesnya suatu perusahaan Fintech dengan belajar Machine Learning?

 

Mendaftar untuk Nordic kursus