Raksasa teknologi Amerika, Amazon, merencanakan investasi senilai US $ 1 miliar ke Indonesia, dalam investasi besar lainnya dalam ekonomi digital Asia Tenggara. Investasi akan tersebar selama 10 tahun. Ini akan melihat pengenalan unit komputasi awan perusahaan, Amazon Web Services (AWS), ke pasar Indonesia

Source: The Straits Time

Saat ini, startup Indonesia yang menggunakan AWS secara efektif mentransfer data ke luar negeri, yang berarti mereka dapat melanggar peraturan yang mengharuskan perusahaan memiliki pusat data lokal. Tidak ada pusat data AWS di Indonesia, tetapi mungkin berubah dengan investasi terbaru ini.

Sementara AWS adalah pemimpin pelarian di ruang infrastruktur cloud, pesaingnya Alibaba Cloud juga berinvestasi di Asia Tenggara. Baru-baru ini mengadakan acara di Singapura untuk mempromosikan layanannya.

Mata uang yang dikonversi dari Rupiah Indonesia. US $ 1 = Rp 14.000.

Amazon akan menghadapi persaingan yang ketat dari Alibaba saingannya di China yang membuka pusat datanya – yang pertama oleh penyedia layanan cloud utama – di Indonesia awal tahun ini sebagai bagian dari rencana perusahaan untuk mendukung start-up lokal di negara tersebut.

Alibaba juga telah menginvestasikan US $ 1,1 miliar dalam e-commerce unicorn Tokopedia, dan sudah memiliki Lazada, bisnis belanja online lain di Asia Tenggara.

Perekonomian digital di kawasan ini diproyeksikan bernilai lebih dari US $ 200 miliar pada tahun 2025, dengan Indonesia – ekonomi terbesar di Asia Tenggara – diperkirakan akan menjadi bagian terbesar dari pasar tersebut.

Rencana Amazon untuk memasuki pasar Indonesia muncul setelah ekspansi ke Singapura tahun lalu dan akan menjadi ekspansi besar kedua di Asia Tenggara.

Pusat pemenuhannya di Singapura untuk layanan pengiriman cepat Prime Now-nya adalah perusahaan terbesar di dunia, menempati sekitar 100.000 sq ft di Mapletree Logistics Hub di Toh Guan Road East.

Mempelajari AWS untuk menguasai pasar global dapat dilakukan dengan memahami basic Java. Jika basic Java sudah dikuasai, maka materi AWS akan didapatkan. Kursus Java Web kini tersedia di Nordic School of Technology, dengan metode yang mudah dipelajari hingga mahir.

 

Mendaftar untuk Nordic kursus