Setelah membahas perbedaan Back End, Front End dan Full Stack, kini akan dibahas mengenai sesuatu yang lebih spesifik lagi dari Back End. Di Nordic School of Technology sendiri menawarkan pembelajaran Back End dengan dasar bahasa Java.

Out-put dari belajar bahasa pemrograman Java sendiri adalah menjadi seorang Java Programmer. Pada 2017 ada banyak sekali peluang bagi seorang programmer Java. Dikutip dari laman makeusof, dengan tingkat pertumbuhan yang diproyeksian 19% untuk periode 2014-2024 (pada semua kategori pemrograman aplikasi) disebutkan bahwa prospek untuk berkarier sebagai programmer Java sangatlah menjanjikan.

Mungkin, masih banyak perusahaan yang mencari programmer Java dengan minimal pendidikan sarjana. Tapi tidak menutup kemungkinan juga jika terdapat perusahaan yang menerima pelamar tanpa pendidikan formal untuk menempati posisi ini, dengan kata lain kalian sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan teknis yang cukup melalui pembelajaran informal atau bisa dengan mengikuti kursus Back End di Nordic School of Technology.

Back End dengan basic Java di Nordic Tech akan dimulai 8 Januari 2018 loh!

Pilihan Karir Programmer Java

Seorang programmer Java banyak digunakan di perusahaan untuk menempati berbagai posisi dan area kerja. Oleh karena itu, sebagaian besar programmer Java di tiap perusahaan dapat dikategorkan ke dalam beberapa pilihan karier utama sebagai berikut.

  • Back-End Developer

Tugas utama Back-End Developer adalah menulis kode untuk Back-End Server termasuk di dalamnya mencakup Web Server, Database Server, dan Aplikasi Server. Saat ini posisi inilah yang paling diminati oleh banyak perusahaan. Selain wajib memiliki pengetahuan mengenai inti platform Java, seseorang yang menginginkan posisi ini juga harus memiliki pengetahuan pada bidang EJBs atau Enterprise Java Beans, SQL cukup banyak dibutuhkan dalam proyek skala besar dan kecil, JSP dan Servlets platform yang menangani Web Server Stack, REST Service yang digunakan untuk mengekspos API ke layanan Web.

  • Big Data Developer

Seorang Big Data Developer bertugas mengelola sebuah datasheet yang besar. Posisi ini juga dianggap memiliki jenjang karier yang cepat berkembang karena banyaknya perusahaan yang mencari posisi ini untuk memanfaatkan sekumpulan data yang besar untuk keperluan bisnis dan pengambilan keputusan.

Jika kamu menginginkan posisi ini, maka setidaknya kamu harus memiliki pengetahuan mengenai bidang Hadoop sebuah platform pertama yang membawa Big Data ke permukaan, SparkPIG yakni bahasa pemrograman untuk menulis mengenai Big Data Processing, MapReduce teknologi yang mendasari mengenai Big Data Processing.

  • Android Developer

Teknologi pemrograman Android yakni berbasis Java. Untuk mengembangkan aplikasi Android pada tingkatan apa pun kita memerlukan platform Java untuk membuatnya berjalan. Seperti yang kita ketahui bersama jika Android saat ini adalah platform yang populer. Jika kamu memilih karier sebagai seorang Android Developer, maka itu adalah keputusan yang tepat. Bahkan, saat ini pun setiap perusahaan yang memanfaatkan web sebagai media informasi utama mereka atau perusahaan e-commerce pasti akan membutuhkan aplikasi Android (dan iOS) untuk tetap relevan dengan perkembangan zaman.

  • Embedded Dvice Developer

Embedded Device Developer adalah peluang karier yang saat ini sedang tumbuh berkembang. Mengingat banyaknya jumlah perangkat mulai dari Router, perangkat jaringan lainnya, hingga perangkat di bidang entertainment yang menggunakan teknologi Java sebagai platform utama sistem perangkat keras mereka. Tentu saja hal ini merupakan peluang bagi seorang programmer embedded Java yang ingin mengambil kesempatan tersebut.

Itulah prospek karier yang bisa ditempuh lulusan programmer Java. Bagaimana? Kamu tertarik dengan beberapa posisi di atas dan ingin memutuskan untuk menjadi programmer Java suatu saat nanti? Yuk, berlatih dengan giat mulai dari sekarang supaya keinginan tersebut dapat terwujud.

Mendaftar untuk Nordic kursus