API adalah sesuatu hal yang akan sering kalian dengar di dunia pemrograman. Di Nordic School of Technology, kami akan menjelaskan secara singkat namun dapat dimengerti mengenai semua hal tentang pemrograman. Karena Nordic School of Technology menawarkan bagi mereka yang ingin belajar pemrograman dengan mudah dan murah. Berikut penjelasan singkat mengenai API.

Application Programming Interfaces (API) sudah dikenal sejak 1960-an. Dan menjadi sangat berguna untuk sekarang-sekarang ini, jadi sebenarnya apa itu API? Singkatnya, tanpa API, pengalaman digital yang kami harapkan di setiap hari sebagai konsumen tidak akan mungkin. Mereka melakukan segalanya mulai dari mendorong pemasaran kaya informasi dan menghubungkan aplikasi seluler untuk menyederhanakan operasi internal. Hampir di setiap sisi kehidupan kita, API menjadi sebagian hal tersebut.

Pertama, mari kita lihat contoh API.

APIs melakukan banyak kegiatan pengangkatan yang berat, baik di seluler maupun di web. Mereka bertanggung jawab untuk hampir semua hal yang dilakukan, dan hanya dengan beberapa ketukan atau klik, seperti halnya Anda memesan makanan, memesan hotel, pembayaran online, dan pekerjaan lainnya. API bekerja dengan tenang di balik layar, membuat interakticitas kami berharap dan mengandalkan sebagian besar mungkin melalui internet.

 

 

Apa itu API?

Mari kita lihat cara kerja ATM: Menarik dan menyetorkan uang tunai dari mesin kasir otomatis (ATM).

Aplikasi: Pikirkan aplikasi seperti ATM. Ketika Anda berjalan ke ATM, Anda berharap itu akan memungkinkan Anda untuk mengakses akun Anda dan menyelesaikan transaksi seperti penarikan uang tunai.
Aplikasi juga membahas input dan output. Aplikasi web, seluler, atau back-end seperti mesin yang memecahkan masalah tertentu. Perangkat lunak ini mungkin aplikasi yang berhadapan dengan pelanggan seperti situs pemesanan perjalanan, atau aplikasi back-end seperti perangkat lunak server yang memerlukan permintaan ke basis data.

Pemrograman: API memungkinkan ATM berkomunikasi dengan bank Anda. Pemrograman adalah bagian rekayasa perangkat lunak aplikasi yang menerjemahkan input menjadi output. Dengan kata lain, itu menerjemahkan permintaan Anda untuk uang tunai ke bank database, memverifikasi ada cukup uang di akun Anda untuk menarik jumlah yang diminta, memberikan izin, kemudian ATM berkomunikasi kembali ke bank berapa banyak Anda menarik sehingga bank dapat memperbarui Anda keseimbangan.

Interface: User Interface (UI) adalah cara kami berinteraksi dengan aplikasi. Dalam kasus ATM, itu layar, keypad, dan slot uang tunai, di mana input dan output terjadi.

Singkatnya, itu adalah API: Interface yang digunakan perangkat lunak untuk mengakses mata uang apa pun yang dibutuhkan: data, perangkat lunak server, komunikasi, atau aplikasi lain. Dalam kasus ATM, mesin adalah pengguna akhir dari suatu API, bukan pelanggan yang menekan tombol. Itu sama di dunia digital saat ini.

Sekali lagi, apa yang API lakukan?

Sekali lagi, apa yang API lakukan? Situs web menggunakan alamat URL untuk melakukan panggilan ke server dan membuka halaman web di browser. API juga memfasilitasi panggilan ke server, tetapi mereka melakukannya lebih mudah. Mereka menghubungkan web, memungkinkan pengembang, aplikasi, dan situs untuk memasuki basis data dan layanan (atau, aset) seperti perangkat lunak sumber terbuka. API melakukan ini dengan bertindak seperti plug konverter universal yang menawarkan seperangkat instruksi standar.

Komponen API: Apa yang Anda Bagikan dan Dengan Siapa Anda Membagikannya. Agar lebih mudah dimengerti, ini adalah analogi lain:

  1. Semua API dimulai dengan aset bersama, mereka adalah mata uang dari suatu API. Mereka bisa berupa: titik data, potongan kode, perangkat lunak, atau layanan yang dimiliki perusahaan dan melihat nilai dalam berbagi.
  2. Berikutnya adalah API, yang bertindak seperti gateway ke server. Ini memberikan titik masuk bagi pengembang audiens Anda yang akan menggunakan aset tersebut untuk membangun perangkat lunak mereka sendiri.
  3. Pengguna langsung dari sebuah API jarang menjadi pengguna akhir dari suatu aplikasi; pengembanglah yang membuat perangkat lunak atau aplikasi di sekitar aset tersebut. Di sinilah aset mengambil penerbangan, menghasilkan kreatif, cara-cara baru untuk menerapkan data yang sebelumnya, mungkin atau mungkin tidak memiliki nilai bisnis nyata kepada pemiliknya.
  4. Semua ini menghasilkan aplikasi yang terhubung ke data dan layanan, memungkinkan aplikasi ini memberikan pengalaman yang lebih kaya dan lebih cerdas bagi pengguna. Aplikasi yang didukung API juga kompatibel dengan lebih banyak perangkat dan sistem operasi, memberikan pengalaman yang lebih mulus.
  5. Pada akhirnya, penerima manfaat dari aplikasi ini adalah pengguna akhir itu sendiri. Aplikasi ini memungkinkan fleksibilitas luar biasa pengguna akhir untuk mengakses berbagai aplikasi secara mulus antar perangkat, menggunakan profil sosial untuk berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga, dan banyak lagi.

Di artikel berikutnya, kita akan belajar bagaimana melakukan API dengan Python. 

 

Mendaftar untuk Nordic kursus