Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan untuk berinteraksi antara programmer (manusia) dengan komputer. Awal mula muncul bahasa pemrograman dari para teknisi eropa yang kesulitan untuk menjalankan atau mengontrol sebuah komputer. Bahasa ini kemudian dipakai secara umum untuk mengatasi berbagai masalah dengan komputer.

Di Nordic School of Technology mengajarkan 2 bahsa pemrograman Python dan Java

Fungsi bahasa pemrograman adalah alat untuk mengoperasikan sebuah mesin, sebagai alat komunikasi antara manusia dengan mesin. Dengan menggunakan bahasa pemrograman sebuah mesin dapat diperintahkan dengan baik sesuai keinginan user.

Berikut beberapa jenis bahasa pemrograman yang umum digunakan para programmer:

Java

Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu bahasa yang biasa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi, baik aplikasi komputer atau smartphone. Bahasa ini sangat populer di kalangan programmer karena memiliki konsep bahasa yang mudah dipahami.

Nama java sendiri terinspirasi dari kopi buatan indonesia, tepatnya di daerah jawa. Dengan nama itu maka terciptalah lambang secangkir kopi.

Setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan masing-masing dan mempunyai tahapan pembahasan berbeda agar programnya mudah di mengerti. Berikut beberapa kelebihan bahasa pemrograman java.

  • Metode penyusunan script cukup mudah
  • Bahasanya mudah dikembangkan
  • Komponen pada library cukup lengkap
  • Berorientasi pada objek atau OOP

Nordic School of Technology mempelajari bahasa pemrograman Java di Kelas Pemula

Java Script

Kegunaan Bahasa pemrograman java script hampir sama dengan bahasa PHP. Bahasa ini juga digunakan untuk pengembangan sebuah website atau situs-situs internet. Kelebihan dari bahasa java Script yaitu tidak membutuhkan memory yang besar, Bisa dijalankan di berbagai SO. Selain itu java Script juga mudah untuk dikembangkan.

Java Script akan didapatkan di Nordic School of Technology pada level Java Web

PHP

PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page, bahasa ini pertama kali dikenalkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Awalnya PHP digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Bahasa PHP merupakan bahasa yang biasa digunakan untuk mengembangkan sebuah situs-situs internet. Bahasa ini sangat populer di masyarakat luas, baik para pelajar maupun para perusahaan. Dengan bahasa PHP seorang programmer bisa mengatur basis data yang dimiliki. Bahasa PHP memiliki beberapa keunggulan diantaranya :

  • Kemampuan membuat sebuah website yang dinamis
  • Bahasa PHP ini sifatnya gratis
  • Bebas untuk didedit tergantung kebutuhan programmer

Bahasa C

Bahasa pemrograman selanjutnya adalah bahasa C. Bahasa ini merupakan bahasa pemrograman paling tua diantara bahasa pemrograman yang pernah ada. Bahasa ini pertamakali dikembangkan pada era 70-an. Meski sudah jarang digunakan, bahasa pemrograman ini merupakan induk dari bahasa pemrograman lainnya.

Bahasa C ini sudah melahirkan beberapa bahasa populer yang sering digunakan, seperti Bahasa C ++, C #, Java. Bahasa C umumya sering digunakan untuk pengenalan dasar dari bahasa pemrograman. Biasanya bahasa ini sering digunakan untuk media pembelajaran bagai para calon programmer. Jika bahasa ini sudah di pahami, maka beberapa bahasa pemrograman lain juga akan mudah di pahami.

Python

Bahasa python juga salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipahami. Bahasa python biasa digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi software baik berbasis platform atau berbasis web.

Bahasa Python sendiri termasuk bahasa yang multifungsi, bahasa ini bisa membuat berbagai macam aplikasi dari platform yang berbeda-beda. Bahasa ini termasuk bahasa tingkat tinggi dimana komunikasi antara programmer dengan mesin dapat berjalan dengan baik.

Salah satu karya dari bahasa python sendiri seperti, Instagram, Pinterest, Yahoo dan pengembang google. Hal ini menunjukan bahwa bahasa python sangat cocok digunakan untuk membangun sebuah aplikasi.

Kursus Machine Learning Jakarta di Nordic School of Technology menggunakan bahasa pemrograman Python

Kursus Machine Learning Bekasi di Nordic School of Technology menggunakan bahasa pemrograman Python

Berkomunikasi dengan komputer kini lebih mudah menggunakan bahasa pemrograman. Di Nordic School sendiri menawarkan beberapa pilihan untuk mempelajari bahasa pemrograman tersebut diantaranya Java dan Python yang dapat dicek di Nordic Courses.

 

Mendaftar untuk Nordic kursus