IDE atau Integrated Development Environment adalah suatu software aplikasi yang menyediakan fasilitas komprehensif bagi para programmer komputer termasuk Java untuk proses pengembangan suatu software. Secara standar IDE ini memiliki fungsi-fungsi:

  • Editor untuk source code
  • Debugger
  • Build automation

Begitu banyak IDE yang kini tersedia dan mudah didapatkan, maka dari itu kini menjadi seorang programmer kini sudah mudah karena banyak aplikasi-aplikasi yang dapat membantu mereka dalam mempelajari pemrograman.

Sebagai bahan pertimbangan saja, Nordic Tech meringkas IDE yang biasa digunakan yaitu:

NetBeans

NetBeans merupakan IDE multiplatform dan support untuk Windows, Linux, Mac dan juga Oracle Solaris. NetBeans ini gratis loh dan open source, banyak digunakan oleh para developer profesional untuk pengembangan aplikasi enterprise, web, desktop dan mobile.

NetBeans mendukung banyak bahasa pemrograman, khususnya Java. NetBeans sangat sesuai dalam hal pengembangan dengan persistensi pada API, JSP, spring, struts, servlets, web services dan Hibernate frameworks.

IDE ini cukup lengkap karena dapat membantu dalam hal:

  • Analisis
  • Desain
  • Coding
  • Profiling
  • Pengujian 
  • Debugging
  • Compiling
  • Running
  • Deploy application

IntelliJ IDEA

IntelliJ IDEA merupakan IDE berfitur lengkap untuk pengembang Java EE dan segala hal yang ada di Java. IntelliJ IDEA adalah IDE bagi para profesional dan hadir dalam dua edisi yaitu edisi gratis (community) dan edisi ultimate yang menargetkan pengguna para developer enterprise.

Edisi gratis hadir dengan banyak fitur untuk membangun aplikasi Android serta aplikasi JVM seperti yang digunakan Nordic Tech pada program Backend Apprentice.

Sedangkan edisi Ultimate hadir dengan serangkaian fitur paling modern untuk mengembangkan aplikasi web dan Java EE enterprise.

Eclipse

Eclipse adalah nama yang diperhitungkan dalam dunia pengembangan Java, hampir semua pengembang Java telah menggunakan Eclipse di beberapa titik waktu dalam karir mereka. Para programmer lebih menganjurkan menggunakan ecplise untuk pemula yang baru ingin terjun ke pemrograman Java.

Batch Backend Apprentice di Nordic Tech akan dimulai Januari 2019

Eclipse sebagian besar ditulis menggunakan bahasa Java sendiri dan tersedia gratis sebagai Java IDE open source dibawah lisensi publik Eclipse. Anda bisa menjalankan Eclipse di Windows, Mac OS X dan Linux.

Eclipse memiliki keunggulan ketika sampai pada lingkungan pengembangan yang terintegrasi. Eclipse dapat digunakan untuk pemrograman dalam banyak bahasa lain namun paling dikenal untuk Java dan merupakan IDE bebas terbaik yang tersedia di luar sana.

Eclipse itu extendable dan ada banyak Java IDE gratis dan komersial dengan Eclipse, seperti MyEclipse, Orion dan RAD dari IBM.

Android Studio

Apakah sudah bosan menjadi Android User? Ingin membuat aplikasi Android kalian sendiri? Maka Android Studio adalah tool yang sempurna dan juga sebagai environment pengembangan resmi untuk Android apapun loh.

Android Studio dibangun melalui IntelliJ IDEA edisi komunitas open source dan tersedia gratis sebagai IDE Java open source di bawah Lisensi Apache.

Saat ini Android Studio memiliki posisi salah satu IDE yang paling banyak digunakan untuk Java dan dikhususkan untuk pengembangan aplikasi android. Tertarik untuk mencobanya?

 

Dari beberapa list IDE di atas, sebenarnya IDE mana sih yang lebih baik digunakan? Jawaban sebenarnya adalah berdasarkan kebutuhan pemrograman, budget dan juga berdasarkan keinginan user itu sendiri.

Karena Java banyak digunakan dalam berbagai bidang seperti pengembangan software, android, jaringan, pengembangan sistem, pendidikan dan pengajaran, pengembangan games dan lain sebagainya, oleh karena itu setiap IDE menawarkan fitur yang berbeda-beda untuk mengembangkan aplikasi sesuai dengan kebutuhannya.

Bagi kami Nordic Tech yang memberikan pengajaran di bidang Java mulai dari Apprentice (Java Pemula) atau Ranger (Java Medium), memilih IDE juga sangat diperhatikan sesuai dengan kurikulum yang dimiliki.

Belajar pemrograman kini terasa mudah dan murah, jadi tidak perlu khawatir bagi programmer pemula yang ingin mempelajari Java. Tinggal sekali Click “DAFTAR”, Nordic Tech akan dengan senang hati menuntun kalian menuju masa depan yang lebih cerah.